Ada kesan bahwa apa-apa yang disematkan embel-embel cerdas pastilah berhubungan dengan internet dan teknologi informasi secara keseluruhan. Ketika mendengar istilah kota cerdas (smart city), saya rasa yang lebih dulu terbayang adalah utopia otomasi ala film-film fiksi ilmiah, dengan gedung tinggi metalik, robot di mana-mana, layar hologram, serta elemen-elemen bionik. Mungkin teringat pula iklan Meikarta dengan segala kecanggihannya. Kenyataannya, kota cerdas yang diimpikan konsep kota cerdas Garuda (Garuda Smart City) tidak demikian. Dalam konsep pengukuran kematangan besutan S. S. Supangkat dan timnya ini, kota cerdas terdiri atas tiga komponen yang saling berkaitan, yakni ekonomi cerdas, komunitas cerdas, dan lingkungan cerdas. Kata sifat ‘cerdas’ merujuk pada kemampuan tiap komponen untuk memaksimalkan potensinya dalam menyelesaikan masalah dan menyediakan kehidupan yang aman, nyaman, berkelanjutan bagi warganya.

Kecanggihan teknologi tidak serta merta membuat sebuah sistem jadi cerdas. Dalam indikator kematangan kota cerdas Garuda disebutkan bahwa ada dua belas aspek yang perlu diperhatikan: kesehatan, transportasi, pelayanan publik, pendidikan umum, tata ruang, energi, sosial digital, sumber daya alam, industri, keamanan dan ketahanan bencana, serta pusat ekonomi. Sayangnya, pengadaan barang seringkali dipandang sebagai ‘jalur cepat’, padahal dari sini sudah terlihat bahwa untuk menjadi kota cerdas sejati perlu ada banyak pekerjaan dasar untuk dituntaskan terlebih dahulu. Apabila fokus terlalu ditujukan pada penyediaan anggaran IT sementara komunitas dan lingkungannya tak ikut dibenahi, implementasinya tentu tidak maksimal.

Sayangnya, kebanyakan pekerjaan rumah para pengampu kebijakan bukanlah sesuatu yang mudah diperiksa dengan kasat mata. Mungkin, karena itulah reformasi sistem pendidikan menjadi janji yang kurang seksi dibanding gimmick relung-relung wi-fi dan ragam aplikasi trendi yang kerap mewarnai kampanye saat ini.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *